Update Blogpost
latest

Sejarah Awal Ditemukannya Bunga Rafflesia Arnoldi di Bengkulu

sejarah bunga rafflesia

Siapa yang tidak tahu mengenai bunga rafflesia arnoldi. Bunga yang kini langka dan banyak ditemukan di Bengkulu. bunga rafflesia tumbuh sebagai tumbuhan parasit. Bahkan tumbuhan ini memiliki sifat unik sekaligus menyimpan misteri bagi ilmu tumbuh-tumbuhan.

Bunga ini unik dikarenakan hanya berupa kuncup dan bunga mekar saja tanpa batang, akar dan daun. Nah untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah awal ditemukannya bunga rafflesia arnoldi kamu bisa membaca artikel di bawah ini.

Proses Penemuan Bunga Rafflesia

bunga khas bengkulu
Sumber : Beritasatu.com
Pada proses penemuan bunga rafflesia sendiri cukup unik. Seperti yang kita ketahui selama ini jika penemu bunga rafflesia adalah Stamford Raffles dan Dr. Joseph Arnold. Akan tetapi kebenarannya, penemu bunga rafflesia pertama kali adalah Louis Auguste Deschamps, seorang dokter dan penjelajah alam berasal dari perancis yang berlayar pada akhir abad 18 ke jawa. Louis sempat ditangkap oleh Belanda kemudian diminta untuk melakukan ekspedisi ke pulau jawa selama 3 tahun.

Louis akhirnya melakukan ekspedisi dari tahun 1791 sampai 1794. Kemudian Louis mengumpulkan banyak tumbuhan di pedalaman pulau jawa dan kemudian menulis draf awal “Materials towards a flora of java”. Louis pertama kali melihat dan mengumpulkan spesimen dan menggambarkan rafflesia yang ditemukan di pulau nusakambang pada tahun 1797.

Proses Penamaan Bunga Rafflesia

Pada proses penamaan bunga rafflesia sendiri terjadi kelicikan oleh bangsa Inggris. Pada tahun 1798 Louis, dokter dan penjelajah alam yang berasal dari Perancis pulang kembali ke perancis dengan membawa koleksinya tentang bunga rafflesia.

Akan tetapi, ketika mendekati selat inggris, kapalnya ditangkap dan semua koleksinya dirampas oleh Inggris. Setelah melihat rampasan koleksi spesimen, para ahli botani Inggris sadar bahwa Louis telah menemukan jenis yang sangat unik dan tidak pernah dilihat sebelumnya.

Mereka kemudian berpendapat siapapun orangnya, jenis tanaman itu harus dideskripsikan atau dinamakan oleh orang Inggris bukan Belanda apalagi Perancis. Kemudian Raffles yang menjabat sebagai gubernur jenderal Inggris di Bengkulu memberi perintah kepada William Jack untuk mendeskripsikan jenis yang ditemukan di Bengkulu Selatan.

Kemudian pada bulan agustus 1820 artikel William jack akhirnya diterbitkan. Robert Brown menamakan tanaman jenis baru itu sebagai rafflesia arnoldi R.Br.

Ditemukan Di Pulo Lebar

Gambar 2 Bunga Rafflesia untuk pertama kalinya ditemukan oleh Dr. J. Arnold di Pulo Lebar. Tempat itu dicapai oleh ekspedisi pada zaman Inggris dalam waktu 2 hari perjalanan menelusuri sungai Manna. Tempat pertama kali ditemukannya bunga rafflesia kini menjadi sebuah desa dengan nama yang sama dan terletak di Kecamatan Pino Raya yang terletak 30 menit km dari kota Manna, Bengkulu Selatan.

Menjadi Ikon Kota Bengkulu

Rafflesia Arnoldi adalah spesies tumbuhan langka yang tumbuh di Bengkulu. Bumi Rafflesia menjadi julukan untuk provinsi Bengkulu. Rafflesia termasuk dalam keajaiban alam Indonesia. Menurut kabar yang ada, ada empat jenis rafflesia yang tumbuh di Bengkulu. rafflesia arnoldi menjadi jenis yang paling besar dengan diameter 70-110 cm.

Memiliki Bau yang Busuk

bunga bangkai rafflesia arnoldi
Sumber : Hijauku.com
Bunga rafflesia memiliki keunikan tersendiri selain ukuran bunganya yang besar. Keunikan tersebut berada pada aroma bunga yang tercium begitu busuk. Jika biasanya bunga akan mengeluarkan bau yang wangi, maka bunga rafflesia justru sebaliknya.

Akan tetapi meskipun memiliki bau yang tidak sedap, namun bunga ini banyak diburu oleh orang-orang yang penasaran akan keberadaannya. Bunga rafflesia sendiri tumbuh subur di tanah Bengkulu bahkan dijadikan sebagai ikon kota Bengkulu karena menjadi habitat tumbuhan ini.

Nah itu dia sejarah awal dari penemuan, penamaan hingga bunga Rafflesia menjadi ikon kota Bengkulu. Menjadi keajaiban alam adalah hal yang menakjubkan. Indonesia memang kaya akan keajaiban-keajaiban alam yang patut kita banggakan.

Jika kamu masih penasaran ingin menikmati keindahan bunga Rafflesia, kamu bisa mengunjungi Bengkulu di hari yang bertepatan dengan mekarnya bunga Rafflesia Arnoldi.

Foto/Ilustrasi Utama : travel.kompas.com
SELANJUTNYA »

Tidak ada komentar