Update Blogpost
latest

Minuman Khas Bengkulu Dingin dan Hangat

minuman khas bengkulu

Bengkulu yang terkenal dengan sebutan Bumi Rafflesia ini mempunyai banyak kuliner yang asyik dan tidak kalah menarik dengan daerah lain. Bukan hanya makanan saja, minuman juga ada. Bahkan, minuman ini sangat khas dan hanya dihidangkan di Bengkulu, loh!

Jika kamu berkunjung ke sana, tak ada salahnya kamu mencoba beberapa minuman khas Bengkulu yang dihidangkan dingin dan hangat. Nah, tentu kamu perlu tau apa saja nama-nama minuman tersebut. Penasaran? Ini dia, simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Sirup Kalamansi

jeruk kalamansi khas bengkulu
Sumber : Sportourism.id
Jeruk kalamansi adalah suatu tumbuhan yang banyak ditanam di daerah Bengkulu. Buahnya kecil-kecil mirip jeruk kunci. Jeruk kalamansi biasanya diolah menjadi sirup oleh industri kecil dan menengah lalu dijual di toko oleh-oleh Bengkulu.

Pada acara resmi yang diadakan oleh Pemda Bengkulu, sirup kalamansi biasanya dihidangkan untuk tamu undangan. Untuk menciptakan sirup kalamansi yang manis dan sehat, sari jeruk kalamansi dicampur dengan gula pasir lalu dimasak sampai kental.

Sirup kalamansi produksi pengrajin Bengkulu dibuat secara alami, tanpa pewarna atau bahan pengawet. Kemasannya pun didesain secara menarik. Ada yang dibungkus dalam botol yang bisa langsung diminum, ada pula yang dibungkus dalam bentuk sirup asli. Sebelum disajikan, sirup ini harus dicampur dengan air putih dan es.

Jadi ini tergolong ke dalam minuman berjenis dingin dari Bengkulu yang harus kamu coba. Rasanya segar, loh! Dijamin hausmu akan pergi.

Kopi Bengkulu

kopi 1001 bengkulu
Sumber : Bukalapak.com
Kamu yang mengaku pecinta atau penikmat kopi harus coba kopi Bengkulu ini. Seperti kopi pada umumnya, jenis minuman ini tergolong dalam minuman hangat khas Bengkulu. Kopi Bengkulu adalah termasuk jenis kopi terbaik di Indonesia. Rasanya sedap dan nikmat.

Kamu bisa memperoleh kopi bubuk yang telah dikemas di pasar ataupun di toko oleh-oleh. Ada sejumlah merek kopi bubuk kemasan yang dijual seperti, kopi Saudara A, kopi 1001, kopi Dua Putri, kopi Gading Cempaka dan lainnya. Bagi kamu yang ingin menyantap langsung kopi Bengkulu, kamu dapat mampir ke kedai kopi yang lumayan banyak tersebar di kota Bengkulu.

Beberapa kedai kopi yang ada di Bengkulu seperti, Neron Coffee di objek wisata Danau Dendam Tak Sudah, Konakito yang berada di dekat Benteng Marlborough, Papuk Mamuk, dst. Kamu tinggal pilih, mana tempat serta suasana yang kamu sukai.

Teh Sle

teh sle khas bengkulu
Sumber : Takaitu.com
Teh unik ini hanya ada di Bengkulu, tepatnya di Kedai Republik Sle yang terletak di Pantai Panjang Kota Bengkulu. Kedai ini memiliki beberapa cabang yang berada di kota maupun di daerah pegunungan Taba Penanjung.

Teh unik ini diolah dari rempah-rempah alami. Rempah-rempah alami tersebut seperti, kayu manis, kapulaga, jeruk purut, nanas dan lain-lain. Rasanya mantap dan menyegarkan. Kamu juga akan merasakan sensasi unik ketika teh dihirup panas, hangat dan dingin.

Yakin nggak penasaran? Untuk minum teh yang khusus ada di Bengkulu ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp10.000/porsi.

Bubur Dawat

bubur dawat khas bengkulu
Sumber : Cookpad.com
Bubur dawat khas dari Bengkulu agak berbeda dengan dawet atau cendol yang dikenal di daerah lain, loh. Alias unik. Bahan pokoknya memang sama asalnya yakni tepung beras, tetapi bubur dawat dari Bengkulu tidak memakai pewarna daun pandan atau pewarna buatan. Bubur dawat Bengkulu berwarna putih seperti warna tepung beras.

Pada proses pembuatannya, tepung beras dicampur dengan sedikit air panas dan kapur sirih, kemudian dicetak memakai cetakan buatan. Campur minuman ini dengan santan yang sudah dicampur dengan gula merah. Rasanya manis dan sangat menyegarkan.

Umumnya, bubur dawet dihidangkan di acara resepsi pernikahan suku Serawai berasal dari Bengkulu Selatan. Di sejumlah kampung, ada pula warga yang berjualan bubur dawet ini. Kamu dapat menikmati minuman segar ini di sana.

Teh Talua

teh talua khas bengkulu
Sumber : Cendananews.com
Teh telur cocok menjadi teman di malam hari. Teh telur kerap dijadikan teman dan sangat pas diminum ketika cuaca dingin atau di malam hari. Minuman ini dihidangkan secara manual/tangan dengan cara mengocok kuning telur ayam kampung atau telur bebek.

Menurut penggemar minuman teh telur ini, teh telur adalah salah satu minuman favoritnya yang dapat dijumpai di warung-warung tradisional ataupun restoran yang bernuansa lesehan. Teh telur ini memiliki ciri khas dan uniknya lagi, pembuatannya memakai cara tradisional dengan cara mengocok kuning telur dicampur gula pasir sedikit di dalam gelas menggunakan lidi daun kelapa berukuran 15 cm selama 15 menit hingga kuning telur itu berbusa, lalu setelah selesai tinggal seduh dengan air mendidih dan disaring dengan teh bubuk.

Sekilas, minuman ini menyerupai teh dengan teh tarik atau capucino. Biasanya, saat minuman ini dihidangkan, bentuk sajiannya menggunakan gelas kecil dan beralaskan piring kecil yang disampingnya dilengkapi potongan jeruk nipis sebagai penambah kesegaran teh telur itu sendiri.

Nah, itulah dia beberapa minuman khas Bengkulu yang dapat dinikmati dingin dan hangat. Kamu harus coba saat berkunjung ke sana. Selain itu, beberapa minuman juga dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan orang terdekat. Dijamin mereka akan merasa senang dan terkesan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Foto/ Ilustrasi Gambar Utama : Youtube.com
« SEBELUMNYA
SELANJUTNYA »

Tidak ada komentar